Selamat Datang di Blog saya. Terimakasih atas kunjungan anda. Tinggalkan Jejakmu disini kawan...

Kamis, 14 Juli 2011

Instalasi JDK dan IDE Netbeans di Windows

0





Instalasi JDK (Java Development Kit)
JDK adalah aplikasi untuk pengembang bahasa Java, sebelum mempelajari bahasa Java kita diharuskan untuk menginstal JDK ini. JDK dapat di download di http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/jdk-6u26-download-400750.html. Cara penginstalannya mudah, seperti menginstall aplikasi biasa…Next..Next..Finish deh…hehe, atau yang masih awam dapat mengikuti langkah berikut, cekidot :
  • Klik ganda file setup JDK “jdk-6u23-windows-i586.exe” untuk melakukan instalasi , selanjutnya muncul “Welcome to the Installation Wizard….., Klik Next > untuk melanjutkan.

  • Maka akan muncul Custom Setup, klik tombol Next >

  • Sehingga muncul proses instalasi, tunggu hingga selesai. Selanjutnya muncul seperti ini, klik Next > untuk melanjutkan
  • Terakhir, akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini. Anda dapat meng-klik tombol Product Registration Information untuk me-register produk JDK yang telah anda install, keuntungannya dari register adalah anda akan mendapatkan pemberitahuan update, patch dan versi terbaru dari produk JDK, pelayanan dan pelatihan khusus dari produk SUN, serta akses rilis dan dokumentasi terbaru. Atau anda bisa mengabaikannya dan mengakhiri proses instalasi ini dengan meng-klik Finish.

  • Proses instalasi JDK selesai, selanjutnya lakukan penginstalan IDE Netbeans.

Instalasi IDE Netbeans 6.9.1
Dalam hal ini saya akan menjelaskan proses instalasi IDE dengan produk NETBEANS. Saat posting ini saya tulis, sudah ada Netbeans 7.0. Dapat anda download di http://netbeans.org/. Karena saya masih menggunakan Netbeans 6.9.1. Saya akan menjelaskan Instalasi Netbeans 6.9.1. Saya rasa prosesnya sama saja, tinggal klik Next…Next…Finish deh..hehe. Ini untuk para newbie yang masih ragu-ragu melakukan instalasi…:). Langsung aja lakukan instalasi nya berikut ini :
  • Klik ganda file setup netbeans-6.9.1-ml-windows yang sudah anda download. Sehingga akan muncul proses instalasi seperti gambar berikut,

  • Tunggu proses instalasi di atas hingga selesai, hingga muncul seperti gambar di bawah ini. Ada beberapa paket dalam netbeans ini. Anda bisa memilih paket sesuai dengan kebutuhan dengan cara klik Customize. Pemilihan paket sesuai kebutuhan merupakan cara terbaik, selain mengHEMAT  kapasitas harddisk juga menghindari yang namanya mubazir….hehe

  • Pilih beberapa paket yang anda butuhkan dengan men-ceklist di setiap paket. Kalau sudah, klik OK.

  • Selanjutnya klik Next > beberapa kali hingga muncul gambar seperti di bawah ini. Baca dulu License Agreement nya, kalau kagak ngerti centang aja langsung I accept the terms…, yang penting pake gratis centang2 aja…wkwkw, trus Next > deh…:D

  • Sehingga muncul seperti di bawah ini, klik Install

  • Tunggu proses instalasi berikut ini, lamanya proses ini tergantung seberapa banyak paket yang akan anda install. Klu semua paket yang akan diinstall, maka sabar2 aja nunggu nya..bisa ngopi2 dulu…hehe.

  • Sehingga proses selesai maka muncul seperti ini

  • Centang dua diatas itu untuk register dan kontribusi untuk produk Netbeans. Terakhir Finish deh…mudahkan kan…hehe
Untuk menjalankan Netbeans, anda bisa mengklik ganda shortcut NetBeans IDE 6.9.1 pada Dekstop anda.
 
Kalau muncul gambar seperti ini berarti anda menggunakan Netbeans 6.9.1
anak-anak juga tau
  …..:D
Nah ini tampilan depan dari Netbeans 6.9.1
Anda bisa langsung mencoba nya, bisa mencoba contoh2 dari Netbeans…dengan cara klik Try a Sample Project. Selamat mencoba..:)

0 komentar:

Posting Komentar